Oleh: pramonojgj | Februari 13, 2011

Dua Power Supply Dalam Satu Komputer

Kita para pengguna komputer, khususnya yang memiliki spesifikasi komputer yang cukup tinggi sering mengalami kebingungan dalam memilih Power Supply yang seperti apa yang cukup kuat untuk menjalankan semua peripheral yang ada di dalam komputer tersebut. Hampir semua teknisi komputer dan para penjual komputer akan selalu menyarankan dan meyakinkan kita bahwa Power Supply Unit (PSU) dengan “true power” adalah yang paling OK dan TOP MARKOTOP,..hehehehehe.

Kalo lagi ada dana nya,…sih gak papa, kita bisa langsung beli PSU dengan watt yang cukup besar dengan harapan mampu untuk menjalankan komputer tersebut.

Bagaimana dengan yang memiliki dana terbatas ?

Ada baiknya kita data terlebih dahulu peripheral apa saja yang terpasang pada komputer kita, lalu kelompokan menjadi dua bagian:
1. Bagian Primer (Mother board dan card perpasang)
2. Bagian Sekunder (Kipas, CD-ROM, Harddisk, dll)

Khusus untuk peripheral komputer yang didalamnya memiliki motor pemutar, biasanya agak lumayan memakan arus listrik (seperti: kipas, harddisk, cd-rom, dll) karena pada saat memutar terjadi gaya gesek pada motor pemutar dengan komponen mekanik lainnya

Kesimpulannya adalah kita dapat menjalankan bagian sekunder komputer tersebut dengan PSU sendiri. Sehingga SUPPLY arus yang masuk ke bagian primer tidak terganggu.

Kalau ada 2 PSU,..berarti ada yang PSU Primer dan PSU Sekunder. Untuk meminimalkan dana pengeluaran, maka PSU Sekunder dapat menggunakan PSU bekas “Yang Masih Baik”

Sistem kerja antara kedua PSU tersebut adalah:
” Ketika kita menghidupkan PSU Primer maka secara langsung PSU sekunder juga hidup”
Yang perlu kita ketahui di setiap power supply komputer adalah:
1. Memiliki bentuk soket yang standart
2. Warna kabel yang standart dan melambangkan tegangan tertentu (Merah = 5 Volt, Kuning = 12 volt, Hitam = Ground, dll)
3. Memiliki POWER GOOD (Kabel warna hijau pada soket 20/24 pin)

“Kalau PSU sudah terhubung dengan kabel AC, lalu kita sambungkan kabel warna hijau dan hitam, maka PSU akan menyala.”

Agar PSU primer dapat menghidupkan PSU sekunder, maka lihat gambar di bawah ini

Terlihat pada gambar ketika PSU Primer hidup maka secara otomatis menghidupkan relay yang langsung menghubungkan kabel hijau (Power Good) dan kabel hitam (Ground), maka PSU Sekunder seketika itu juga akan hidup dan mensuplai tegangan dan arus ke kipas, Harddisk, CD-Rom, dll

Sehingga kebutuhan konsumsi daya dari sistem komputer yang kita milliki dapat terpenuhi dengan baik.

Sistem Master-Slave PSU tersebut telah dipakai pada komputer saya sendiri, dan sampai saat ini baik-baik saja

Selamat Mencoba,…!!!


Responses

  1. Kalau langsung diparalel kabel hijau ke hijau dan hitam ke hitam apa gak bisa? jadi gak usah repot tambah relay.

    Jawaban :
    Kalo di hubung langsung maka power yg satunya langsung hidup bila di hubungkan ke listrik AC. Padahal keinginan kita adalah untuk menghidupkan secara bersama-sama ketika tombol ON/OFF komputer di tekan. Oleh karenanya dibutuhkan relay,…

  2. apakah bisa klo tanpa relay dan hidupkan secara langsung ketika dicolokan ke sumber listrik untuk beberapa hardware semisal DVD ROM dan HDD ?

    • Bisa,…mas,…pake aja rangkaian switch menggunakan satu buah transistor.,..

    • Seperti ini mas = http://www.rason.org/Projects/transwit/image2.gif

      • Pakai Relay berapa pin Gan terus gi mana cara pasang Relaynya..??

      • pake relay kaki 5,…cara pasang ikuti gambar di blog


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: