Oleh: pramonojgj | Februari 1, 2011

PRE-AMP MIC Sederhana untuk komunikasi HF

Banyak yang mengalami masalah distorsi ketika berusaha membuat pre-amp mic untuk pesawat radio HF, hal ini bisa saja terjadi bila kita tidak sangat memperhatikan pemasangan filter untuk memblok RF liar agar tidak masuk ke rangkaian pre-amp. Pada rangkaian ini hanya membutuhkan beberapa kapasitor keramik (1 nF) yang terhubung ke ground. Tahap filtrasi dimulai dari bagian input hingga bagian output. Dengan nilai besar kapasitor filter 1 nf, maka tidak akan mengangu kualitas audio yang diinginkan. berkaitan dengan kualitas audio, maka pada bagian kapasitor 1 uf (didepan) dan 4,7 uf (dibelakang) dapat diganti sesuai keinginan untuk audio yang diinginkan.

Rangkaian ini telah saya buat dan dipergunakan untuk komunikasi di HF band (80 meter dan 26 meter[out band]), hasilnya cukup memuaskan. Namun yang harus ingat adalah usahakan kabel penghubung antara rangkaian dan pesawat radio sedekat mungkin, atau kalaupun agak panjang gunakan kabel dengan serabut GROUND yang banyak dan “di kalungi” dengan FERRITE BEAD.

Rangkaian ini juga saya coba simulasikan dengan software LIVEWIRE, dan hasilnya sebagai berikut:

dari simulasi dapat dilihat bahwa penguatan dari rangkaian ini tidak begitu besar, sehingga kemugkinan distorsi adalah kecil. Untuk lebih jelasnya akan di simulasikan kembali rangkaian diatas tapi dengan nilai amplitudo sinyal yang berbeda (6,7,8 dan 15 Volt).

Untuk transistor dapat di gunakan “low noise NPN transistor”. Sebagai contoh 2sc2458 (mic dinamik) dan BC550 (mic kondenser).

SCREEN SHOOT HASIL SIMULASI:


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: