Oleh: pramonojgj | Februari 1, 2011

“Another” SQUARE LOOP ANTENNA FOR 40 Meter

Sudah lama saya menginginkan desain lain dari antenna square loop pada 40 meter band. Setelah membaca beberapa artikel mengenai loop antenna dan hampir semuanya menyatakan bahwa impedansi pada antena loop “hampir” bisa dipastikan = 300 ohm.

Mengingat pekarangan saya yang kurang memungkinkan, maka saya berusaha untuk sedikit memodifikasi bentuk antena SQUARE LOOP tersebut menjadi ke bentuk yang “bukan” square. Sambil membuktikan mengenai impedansi yang “300 ohm” tadi.

Mula-mula saya memisalkan frekuensi kerja terlebih dahulu, dimana saya pilih 7.070 Mhz. Lalu saya hitung panjang gelombang frekluensi tersebut = (300/7.070) meter = 42,4 meter, dibulatkan = 42 meter
Lalu saya desain dengan panjang 17 meter dan lebar 4 meter
(Karena keinginan saya sisi 4 meter dapat di kaitkan dengan pipa paralon dan dapat digantung di atas tower)

Hasil pengujian menggunakan software MMANA-GAL :
1. Impedansi mendekati 300 Ohm
2. Penguatan antena 2.2 dBi (terhadap antena isotropis)
3. Sudut elevasi 71 derajat (tidak menarik buat DX-ing)

Berdasarkan hasil simulasi dari software MMANA-GAL, sepertinya bentuk “SQUARE LOOP” yang saya modifikasi menjadi bentuk lain tersebut cukup memenuhi syarat empiris sehingga layak diteruskan ke tahap implementasi.

Mungkin ada baiknya,..mari kita sama-sama mencobanya !,…

SCREEN SHOOT HASIL PENGUJIAN:


Responses

  1. sudut elevasi 71 derajat apakah tidak terlalu tinggi untuk signal dx om pram?
    kalau saya pribadi, untuk keperluan dx selalu mencari elevasi yang lebih rendah… di bawah 25 derajad..

    Kalau 71 derajad, rasanya hanya untuk local contact atau berperan serta ikut memanaskan awan…

    salam sukses…

    • Waduuhh,..anda benar sekali mas yudha,…karena tulisan saya ini hanya untuk mencoba membuat model lain dari sebuah antenna loop,..yang mana saya coba sesuaikan dengan kondisi di sekitar saya. Dan ketika saya membuat simulasi memang hanya bertujuan untuk mencari GAIN dan IMPEDANSI dari desain antenna tersebut. Sehingga bila nanti antenna tersebut saya buat saya sudah punya dasar perhitungan dan simulasi. dan memang antena saya posisikan pada sumbu X-Y (dalam koordinat kartesian) pada saat simulasi sehingga menghasilkan sudut elevasi yang cukup besar,..Oh,…ya silahkan cek e-mail anda,..sudah saya simulasikan bentuk lain dari desain antenna untuk 40 meter dengan sudut elevasi dibawah 25 derajat,..

      trims


Tinggalkan Balasan

Kategori

