Oleh: pramonojgj | Agustus 22, 2008

Speech Processing Untuk HF dan VHF

Dalam beberapa minggu ini saya kebetulan banyak menghabiskan hari-hari saya di rumah. Karena masa perkuliahan belum dimulai. Kemudian saya memutuskan untuk membuat sebuah eksperimen mengenai “speech processor”. Banyak artikel yang saya baca mengenai speech processor, dan kebanyakan menjelaskan bahwa sistem kerja speech processor ini tidak jauh beda dengan compressor. Namun kalau menurut saya ada beberapa perbedaan yang mendasar.

Pada speech processor “raises the average power relative to peak power”,……. Banyak penafsiran akan hal ini. Namun lebih jelasnya mari kita lihat pada chart dibawah ini:

Terkadang disaat kita merasakan bahwa audio kita saat berkomunikasi terkesan kurang lantang, maka pengaturan mic gain dan volume pada sistem “audio processing” tanpa “speech processing” yang akan kita putar. Hal ini hanya akan menambah peak power nya saja. artinya average power dari audio kita tetap saja. Sehingga tetap saja audio kita tidak akan pernah lantang. Speech processor memperbaiki hal tersebut, dengan speech processor ini dapat menaikkan average power. Dengan demikian diharapkan audio kita bisa lebih menonjol dan lantang.

Sudah lama saya tertarik dengan rangkaian dibawah ini, dan kebetulan rangkaian ini termasuk speech processing:

Eksperimen saya lakukan dengan bertahap, pertama saya membuat sampai dengan T1,..pada tahap ini suara dari mic condenser sudah terdengar dan bernuansa agak treble. Lalu saya teruskan lagi sampai pada T2 dan seterusnya. P1 berfungsi sebagai mic gain,…semakin besar kita membuka potensiometer atau trimpotnya maka semakin besar amplitudo dan noisenya. Ada baiknya di atur minimal saja sehingga noise tidak terlalu besar. P2,…pada fungsi potensiometer atau trimpot ini awalnya agak membingungkan saya, setelah saya amati ternyata P2 ini berfungsi sebagai tone audio (Perhatikan konstruksi P2 dan kapasitor 100 uF yang membentuk Low Pass Filter). Dan ternyata benar,..setelah saya atur suara yang dihasilkan memang menimbulkan nada bass. Namun sebelum melakukan semua test diatas saya mencoba merenungkan apa fungsi coil dengan nilai 3 – 3.5 Henry. Setelah saya perhatikan dengan seksama sepertinya juga berfungsi untuk Filter. Karena susah mencarinya, akhirnya saya ganti dengan Resistor 1 Kilo ohm. Selain itu saya juga melakukan perubahan pada Kapasitor Output yang terhubung dengan basis T4 (yg bernilai 100 nF). Dan secara kesuluruhan setelah saya amati, maka hasilnya sangat memuaskan. Audio yang dihasilkan memang menaikkan average powernya dengan noise (Peak power) yang rendah.

Mohon maaf,…belum bisa menyertakan hasil jadi dari rangkaian tersebut,…..

Saya usahakan segera akan saya tambahkan pada tulisan ini gambar tersebut……..

Selamat Mencoba,…..!!!!


Responses

  1. Mas Eko saya pernah beli juga coil 1mh bentuknya seperti resistor ada code warnanya juga.biasanya warna dasar resistor coklat muda..kalau ini warnanya hijau motor ninja..mungkin ada juga yg ukuran 3.5mh..ko bisa di ganti dgn R 1k ?..aku coba ya skemanya..sukses buat mas eko..73

    Buat Mas Danuh,..

    Ceritanya begini,….di jogja saya gak dapet itu coil,…jadinya saya coba pake Resistor 1 K ohm,..hehehehe,…
    Saya selalu muncul di 3.815.000 Mhz,…saya selalu mencari mas danuh,..kok gak pernah ketemu yah,..
    Saya dah buat mas,..suaranya lumayan sepertinya,…cuma belum saya masukkan kotak.,..
    Kalo dah jadi ntar saya dikabari,..

    Selamat Mencoba,..
    73

  2. Mas Eko, saya sempet beli rangkaian tsb di atas (kebetulan ada kakak tinggal deket sang penjualnya). Tapi tidak berhasil. Kalo mau dan sekaligus meng-copy, mungkin, bisa tak kirim ke alamat panjenengan sekaligus buku panduannya . Tp dgn syarat begitu berhasil tolong dikirim kembali ke saya. Simbiosa mutualisma gitu maksudku mas.
    Hehehe…
    Monggo japri.
    Salam.🙂

    Buat Mas Wing
    Begini aja mas….saya ada yg dah jadi.,..tapi cuma saya solder di PCB bolong. Mungkin anda bisa mengganti ongkos komponen dan kirimnya saja. Untuk lebih jelasnya silajkan email saya di ekopramonoid@yahoo.com

    wassalam


Tinggalkan Balasan

Kategori

