Oleh: pramonojgj | Oktober 29, 2007

Mahasiswa “dulu” dan “Sekarang”

Sangat lekat di dalam benak saya disaat saya sebagai mahasiswa baru di prog. studi Elektronika dan Instrumentasi, Jurusan Fisika, Fak. MIPA UGM. Dimana saya harus melaksanakan praktikum Fisika Dasar I selama hampir 5 jam,…entah apa yang dicari dan dibahas dalam praktikum itu nyaris saya sendiri tidak “mudeng”,…hehehehehe

Namun praktikum itu saya ikuti dengan keseriusan walaupun tetap gak “mudeng”,..Begitu data terakhir di dapat terasa plong hati saya, karena bisa dipastikan langsung bisa pulang ke kost,..ihihihiihihi

Sesampainya di rumah kost,…kembali saya gak “mudeng”,…Lha wong rumusnya aja bikin pusing apalagi buat laporannya,…Tapi dengan keseriusan semua itu bisa saya lalu,…khususnya tahun-tahun pertama kuliah di Jurusan Fisika UGM,…(Sekitar tahun 1989),…

Ternyata itu semua memberi makna dalam kehidupan saya,…khususnya kehidupan akademis,..karena kebetulan sekarang saya menjadi dosen disalah satu PTS di jogjakarta,..Sekarang saya bisa merasakan ternyata semua itu tidak bisa diraih tanpa “proses dan ketekunan”,…..

Namun tidak demikian dengan mahasiswa yang saya ajar sekarang,…mereka terkadang mengabaikan “proses dan ketekunan” itu. Mereka kebanyakan ingin yang instant,…cepet ngerti dan cepet pintar,….Lha wong belajar naik sepeda aja harus pake jatuh segala, pake lecet segala,…..hmm,…bingung juga saya,…

Kenapa tipikal mahasiswa sekarang seperti itu,….apakah ini akibat dari era global informasi,..?,..ataukah pendidikan sekarang sudah dijadikan lahan bisnis,…sehingga asal mahasiswa membayar mereka pasti mendapat nilai “A+”………hmm,….menyedihkan juga,..

Ya,..walaupun demikian mahasiswa tetaplah mahasiswa,….walaupun dan apapun alasannya,…hmm,…

Mahasiswa “dulu” penuh dedikasi,………

Mahasiswa “sekarang” penuh dengan demontrasi,…


Responses

  1. Lho sampean taksih menangi teng sekip{IV.?}
    Lha saya malah tidak menangi kampus
    baru yang diutara untuk teknik.
    Masuk dan kluar masih di sekip.
    Saya manten juru ukur.
    eeeeeee…….
    Fakultas Teknik Jurusan Teknik Geodesi,
    yang katanya nama jurusan sudah diganti
    opooo iiiyooo, wiiiisss

  2. sapean dosen to,,,,?…ah ikut2 gitu ah…

    • Ya begitulah


Tinggalkan Balasan

Kategori

