Oleh: pramonojgj | September 29, 2007

Mic Compressor menggunakan Fet 2N3819 atau MPF102 (Utk 2 meteran)

Banyak para homebrewer amatir radio yang ingin memiliki rangkaian compressor yang murah namun baik kualitasnya,…Kebetulan beberapa waktu lalu saya surfing dan mendapatkan rangkaian compressor yang menggunakan FET. Alamat sitenya:

http://web.telia.com/%7Eu43200663/tx/mic_comp_00.htm

Saya telah mencobanya dan hasilnya lumayan bagus,…namun ada beberapa modifikasi yang saya lakukan,..

  1. Saya menambahkan unit pre-amp mic di depan rangkaian LM324,..oleh karenanya resistor 10K sebagai panjar arus masuk ke mic condenser dapat dihilangkan,…
  2. Trus kapasitor 100 nF yang terpasang pada kaki 3 IC LM324 dapat dibesarkan smp 4,7 uF untuk memberikan kualitas hifi (lebih ngebass)
  3. Antara pre amp mic dan input LM324 ada baiknya ditambahi rangkaian galaksi (banyak dipasaran) untuk menaikkan nada tengah suara. Namun output pre-amp ada baiknya di tambah resistor 10k,..agar outputnya tidak terlalu besar masuk ke galaksi
  4. Setelah compressor saya tambah dengan rangkaian tone controll
  5. Output dari tone controll siap dicolokkan ke pesawat 2 meteran

Blok Diagram

Mic cond ==> Pre-amp Mic ==> Galaksi ==> Compressor ==> Tone Controll ==> Pesawat 2M

Mungkin eksperiment saya ini dapat menjadikan IDE yang berguna bagi kita semua,..


Responses

  1. kirimkan skemanya dong ….. !

  2. coba buka di sitenya dulu,..ntarkalo gak ketemu nanti sy kirim ke e-mail,…ini sy ada eksperiment yg baru lg,…nanti sy kirimi gmbrnya

  3. wah om pram ini jagonya homebrew nih🙂 udah sy link di blog JZ10LEJ kayanya bermanfat nih, untuk pertanyaan Matching coolinier…blm ada om, soalnya itu hanya copy paste aja dari web terkait🙂

    ==> oke,…beress,…

  4. Saya minta rangkaian Mic Compresormenggunakan Fet 2N3819 atau MPF102 (Utk 2 meteran). Terime kasih

    ===> Buat mas kumedi,…rangkaian bisa dilihat di http://web.telia.com/%7Eu43200663/tx/mic_comp_00.htm

  5. om pernah mbikin preamp yg sederhana utk di ht dengan memanfaatkan tegangan input mic yg sekitar 4v (5v stdby), v68 saya kalau make external ptt-mic audio ketinggalan banget,

    external mic-ptt dipake utk alinco dj-196 & 596 audio kuenceng, sampai over mod..

    salam

  6. mas-mas yg baik,saya mau beli pesawat 2meteran,utk pemula pake ygmana? trus saya di bdg pengen bisa nyampe jauh minimal ciamis harus pake apa?thanks yach

  7. Buat mas ian,..

    Saya jelaskan via e-mail anda

    Trims,..!

  8. sy pengguna 2 meteran di wilayah kendari (sultra), sementara ini saya pakai rig icom V 8000 supaya bisa melempar/menjangkau jauh dan kuat bagai mana ya….saya pakai Power Sup 40amp,please…

    • KAlo ingin menjauhkan pancaran,…banyak,…yang harus di koreksi:

      1. Power/daya dari pesawat ?
      2. DIP kabel transmisi yg di gunakan apakah resonans pada frek. kerja ?
      3. Penguatan antenna yang di pakai apakah sudah memadai ?
      4. model antenna apakah sesuai dengan keinginan (ingin jauh)?
      5. matching antenna apakah sudah sesuai dengan frek. kerja ?

      Selain itu masalah resonansi tempat dan kondisi geografis daerah juga sangat berpengaruh dengan pola pancaran,…

      Dari 4 pertanyaan saya diatas silahkan njenengan jawab,…baru nanti kita diskusikan,…per item,…sehingga,…menjadi jelas permasalahannya,.

      wassalam

  9. Pak pram yang bijak…saya sering membaca tulisan bapak…dan salut atas kebaikan bapak telah membagi pengalamannya…saya adalah seorang amatir radio, dalam berkomunikasi saya terkendala dengan kualitas audio pesawat pemancar saya,menurut teman2 audio saya cempreng istilah teman2 orari di sulawesi,yang saya mau tanyakan apakah bapak punya skema rangkaian audio agar audio saya kedengarannya lebih serak2 basah kedengarannya…he he he…kalau di sulawesi kebanyakan teman2 menggunakan audio fox,yaitu audio yang kedengarannya seperti ada suara angin topan…mohon bantuannya pak…dikirim skema rangkaian audionya yang bagus untuk ngebrik…atas bantuannya saya ucapkan terima kasih

    salam

    syam

    • sudah saya jawab ke e-mail anda

      trims

  10. gambarnya kok eror terus klu dibuka,, please kirim ke email q,, ghufronwahyukurniawan@yahoo.co.id

    COBA buka yang ini = http://www.sm0vpo.com/_visitors/tx/mic_comp_00.htm


Tinggalkan Balasan

Kategori

