Oleh: pramonojgj | Februari 26, 2008

Mic Compressor menggunakan IC uPC1158

Hasil rangkaian ini cukup mengesankan,…hasilnya hampir sama dengan audio yang dihasilkan oleh pesawat HF TS-430. Rangkaian ini menggunakan IC uPC 1158,..mungkin IC ini sudah agak susah dicari di pasaran, tapi bisa aja dibeberapa daerah IC ini masih ada.

Sistem kerja rangkaian ini juga sangat sederhana dimana ada sebuah Op-Amp sebagai penguat depan yang berfungsi sebagai ALC (Automatic Loud Control), Bila ada amplitudo berlebih maka akan menggerakan transistor untuk memberikan umpan balik pada Op-Amp tersebut. Sehingga suara yang dihasilkan cukup unik.

gambar-2.jpg

Trimpot yang terpasang berfungsi untuk mengatur waktu serang pada proses kompresinya,..

Transistor C1815 dapat diganti dengan C828, BC108, dll

Akhir kata Selamat Mencoba,..!!!


About these ads

Responses

  1. Om Pram, setelah membaca artikel-artikel (sepertinya catatan pengalaman ) yang anda tampilkan cukup menarik untuk di praktekan. Mau nanya nih….khususnya untuk rangkaian tersebut ( mic compressor ic uPC 1158 ) apakah hasilnya bisa ” dung..dung…dung pret ( istilahnya teman2 di HF) ” bila di gunakan di VHF. Atau mungkin punya rangkaian murah meriah audio “Hi Fi ” untuk SSB, tapi jangan menggunakan Behringer . Kalau ada kirim skemanya ya Om Pram. Trims.

  2. Buat Mas Untung,…

    Saya dah sering buat rangkaian dengan uPC1158 tersebut
    tapi dipasang di VHF.,..hasilnya cukup bagus mas,..

    Saya pernah disuruh buat Mic compressor untuk dipakai
    di HF,..memang banyak kendala yang saya
    hadapi,.terutama di bagian pengolah suaranya …

    Untuk HF,..anda harus menggunakan mic dinamic dan
    tidak disarankan mengunakan condenser.,..karena
    kualitas suara menggunakan condenser di HF…agak
    susah untuk diolah,..karena cenderung flat
    suaranya,…

    Trus sistem grounding pada kotak mic compressor harus
    bagus,..kalo gak biasanya akan
    kesurupan,…jarumnya,..

    Kalo behringer….pengolahan suaranya sudah digital
    karena didalamnya biasanya menggunakan chip DSP

    Kalo anda mau coba rangkaian uPC1158…ada baiknya
    rangkaian ini dipasang di tengah saja,….maksud saya
    anda buat/beli dulu preamp mic yang menggunakan IC
    LM741 atau TL084 trus anda hubungkan dengan parametris
    equalizer (kalo bisa yang pake potensio mono untuk
    pengaturan kiri kanannya)…output dari preamp mic
    dimasukkan di channel R dari parametric trus output R
    dihubungkan ke rangkaian uPC1158 (diberi VR sekiar 10K
    di input rangkaian dan output rangkaian) output dari
    uPC1158 dimasukkan input L parameric,..Output
    parametric dimasukkan ke pesawat,….Kalau masih
    kesurupan,…bisa ditambahkan rangkaian penyesuai
    impedansi dan isolasi menggunakan OT240,….

    Mudah2xan bisa sedikit membantu

    CU,73
    YD2WPE

  3. Makasih banyak bos, akan saya coba untuk ngebrik di jalur FM

  4. Selamat Mencoba,.!!!

  5. mas saya mau mencoba rangkaian mic compressor ic upc 1158 yang saya tanyakan kaki-2 dari ic tsb dari kaki no1 sampai 7 maksudnya in out vcc dsbnya.
    thx.
    Anto

  6. bisa dilihat di http://pdf1.alldatasheet.com
    Selamat Mencoba !

  7. gatel

  8. Mas Eko,
    Saya sudah pernah coba pakai behringer tetep suara bass kedengaran mendem..instal sbb:mic dynamic>mixer behringer>ot 1:1>kopel elco 4.7 uh>9130 input audio suntikan di bagian keluaran balance modulator..apa unbalance dari out put mixer ke input radio tdk pass ya..saya rasa audio mendem untuk vokal saja kalau musik lumayan bagus tergantung cd bajakan apa original yg di stel,,:-)

    Buat Mas Danuh:
    Coba mic nya diganti yang lain (Cari yang kualitasnya agak treble),,..trus coba gak usah pake OT

  9. trims mas saya uda test…….meski cari ic lumayan susah sampai 2 bulan br dapat tapi hasilnya tidak mengecewakan….siiiiiiiiiiiiiipp bageto loh,,,,,,buat yang amatiran kayak saya ini…he .he .he

    == ya ikut seneng lah,…kalo dah berhasil,…hehehehe

    • low ada skema yg br lgi boleh lah mas..buat nerapin ilmu dangkal ne biar agak dalam lagi…..trims

  10. Anda ingin eksperimen apa ? mas dodot


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: