Oleh: pramonojgj | Februari 25, 2008

Rangkaian Mic Compressor Dynamics (3 Transistor)

Dalam eksperimen saya kali ini rangkaian ini adalah rangkaian sederhana namun lumayan hasilnya,….audio yang dihasilkan terkesan menonjol,…Prinsip rangkaian ini sangat sederhana, dimana pada transistor pertama digunakan sebagai Pre-Amp Mic. Kemudian transstor yang kedua dijadian sebagai Buffer. Sedang yang ke tiga adalah rangkaian Feedbacknya

Gambar Rangkaian:

gambar1ref2.jpg

Dengan beberapa modifikasi terutama pada nilai tahanan yang saya beri tanda (*), akhirnya rangkaian ini layak untuk digunakan. Dan saat ini saya sedang menggunakannya juga. Yang perlu dicermati adalah bahwa tegangan catu rangkaian ini harus 12 Volt. Sehingga harus dicatu sendiri dan tidak dapat menggunakan catu dari pesawat

Selamat Mencoba


Tanggapan

  1. mas bagus bgt gambarnya : saya terima kasih bgt ya ketolong bgt ni tugas saya

  2. Tugas apa lho mas dimaz,…

    wassalam

  3. Mas apa dak ada produk yg lain? N utk compresr yg pkai ic upc apa bnyk tersedia di pasaran.

  4. Produk yang mana mas,..?
    IC UPC mungkin masih ada,..coba anda cari,..kalo gak ada nanti saya bantu

    Trims

  5. Mas Eko ,efek audio out put kalau sekiranya catu daya jadi satu dgn pesawat gmana mas?apa noise humming dari pesawat pada saat tx atau dari catu dayanya yg kurang linear..dibandingkan dgn daya batterai..? Danuh..jkt

    Buat Mas danuh:
    Kalo tegangan ikut pesawat ya gak papa sebenarnya,..dan lebih ringkes,..
    Cuma pada rangkaian ini,…kebetulan kalo di catu dengan tegangan dari pesawat,..suaranya kurang gede,..sehingga saya catu sendiri,…

    Begitu ceritanya mas,..

    wassalam

  6. waah…seru nih skema2nya.
    Saya dulu bikin DSP, ternyata kok tidak berhasil ya. Semoga yg simpel ini bisa bantu suara saya di SSB.
    Salam.
    🙂

    Buat Mas Wing…
    Saya punya eksperimen terakhir,..mengenai pre-amp untuk HF,..dan lumayan cocok,…dan gak kesurupan,…

    Nanti saya postingkan,…

    Wassalam

  7. Mas, terima kasih buanyak utk skema2 mic comp ini yg sedang sy cari2, trus kedua skema ini apa bisa diterapkan/mendorong modulasi di dipesawat sy HF Yaesu 80C dan VHF Kenwood TR9130? mohon pencerahannya, dan pada kedua skema ini apa sudah dilengkapi dg Tone control (Bass,Treble).

    Matur Nuwun, Mugi gusti sing bales.

    Jawab:
    Mas dedi,…yang baik hati dan tidak sombong,…jadi dalam perencanaan untuk membuat penguat MIC di HF dan di VHF,…adalah berbeda,…..yang paling mudah membuatnya untuk keperluan VHF,…karena dimodel seperti apapun,….pasti
    suaranya akan keluar dan tidak menimbulkan distorsi, ngrepek ataupun kesurupan,…..

    Namun kalo di HF agak sedikit berbeda,….pre-amp mic yang dibuat harus memiliki gain yang kecil agar ketika di tambahkan dengan TONE CONTROL,..tidak menimbulkan distorsi,..kemudian perancangan TONE CONTROL yang akan bekerja di band HF,..juga tidak seperti TONE CONTROL yang sederhana,…..namun lebih ke tone control yg menggunakan pergeseran frekuensi (Parametric Equalizer),…..Nah kalo mau experimen pre-amp mic untuk HF,..silahkan lihat : http://www.kb8wow.com/Mics_Preamps_Page2.html,……itu bisa menjadi ilham untuk merancang fasilitas “DUNG-DUNG PREEET” homebrew di HF,….kalo pre-amp dah linear suaranya trus tinggal di tambahkan parametric equalizer,..

    Rangkaian yang saya buat itu “Rangkaian Mic Compressor Dynamics (3 Transistor)” bisa diterapkan di VHF,..

    HF nya muncul di berapa,..? saya sering di 3.800 mhz s/d 3.835 mhz,…….hehehehehehe

    Selamat Mencoba,…!!!!

  8. Mas,kalau TR nya diganti C945 atau yg lain bisa gak.soalnya c828 udah susah carinya.tank’s

    • bisa,…aja mas,..

  9. apakah ini YB2WPE ….kalau betul salam kenal dan posting antene BAZOKA nya mas EKO
    trim 73 …..

    • Bueettull,…pak toni,…ya nanti saya tulisnya mengenai antenna bazooka, ATU freematch dan perancangan antena menggunakan MMANA-GAL,…hehehehehe

    • Bazooka buat di frekuensi berapa ya,….

  10. salam kenal sekaligus mo minta d emailkan skema tone control yang bassnya dominan dr pd treble gtuloh tak tgu thanks.

    • di internet banyak mas,….mungkin dengan modifikasi dikit di bagian C kopling atau di passive filternya,…kalo mau bagus ya menggunakan parametric equalizer

  11. wah asik juga nih, tapi kalau untuk efeknya gimana mas

    ahzam.. semarang

    • Di coba aja,..mas,…kalo ada pertanyaan bisa hubungi saya di ekopramonoid@yahoo.com


Tinggalkan komentar

Kategori